Ketahui Dampak Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan, Simak Disini..

Posted on Updated on

Ketahui Dampak Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan,- Pemanis buatan adalah bahan kimia sintesis yang merangsang reseptor rasa manis di lidah. Mereka sering disebut rendah kalori atau pemanis non-nutritif karena hanya memberikan rasa manis tanpa menambahkan kalori. Makanan yang mengandung pemanis buatan sangat mudah kita temukan atau dapatkan seperti minuman ringan atau makanan penutup. Bahkan tidak hanya itu, mereka juga dapat ditemukan pada jenis non makanan termasuk karet dan pasta  gigi.

Ketahui Dampak Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan, Simak Disini..

Ketahui Dampak Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan, Simak Disini..

Jenis pemanis buatan yang paling umum adalah aspartam, Sakarin, Acesulfame Potassium, Neotame dan Sucralose. Namun tidakah kalian tahu? bahwa terlalu banyak mengkonsumsi asupan gula dari pemanis buatan berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya terutama pada penderita diabetes.

(* Waspada ! Dampak Konsumsi Junk Food Setiap Waktu

Diabetes tipe 2 adalah termasuk risiko 2x lipta dari pengembangan pada orang yang mengkonsumsi pemanis buatan dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsinya. Selain diabetes, resiko akibat konsumsi pemanis buatan secara berlebih juga memicu masalah pada penyakit hipertensi, penyakit kardiovaskular yang meningkatkan pada penyakit jantung koroner tinggi pada wanita.

Kenali lebih jauh yuk apa saja jenis pemanis buatan dan bagaimana dampaknya bagi kesehatan?

  1. Jenis Aspartam, dimana sebuah studi telah menemukan mereka dapat memberikan efek masalah kesehatan dengan menganggu kinerja memori dan meningkatkan stres oksidatif di otak. Selain itu, studi lain juga mengkhawatirkan terhadap asupan makanan yang mengandung pemanis buatan pada ibu hamil serta ibu menyusui. Dimana hal ini tentu dapat memberikan pengaruh pada bayi dengan gangguan sindrom metabolik dan obesitas dimasa depan. Efek samping dari pemanis buatan jenis aspartam sendiri biasanya memicu sakit kepala atau migrain, gangguan mood serta episode mania. Aspartam mengandung fenilalanin, asam aspartat dan metanol. Dimana mereka dapat tinggal di organ hati, ginjal sampai otak.
  2. Sucralose atau splenda berasal dari gula yang awalnya diperkenalkan sebagai pengganti gula alami yang namun dalam kenyataanya ia adalah turunan dari sukrosa diklorinasi yakni klorin salah satu bahan kimia yang paling beracun. Jenis pemanis buatan ini awalnya ditemukan melalui pengembangan senyawa  insektisida baru serta tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi.

    Sebuah study yang diterbitkan dalam journal of Toxicology dan Kesehatan Lingkungan menemukan, bahwa memasak dengan sucralose pada suhu tinggi dapat menghaasilkan chloropropanols berbahaya yakni senyawa beracun. Sedangkan ada yang beranggapan bahwa sucralose dapat mengubah glukosa, insulin dan glukagon.

  3. Acesulfame K (ACE, ACE K, Sunette, Sweet One, Manis ‘N Aman). Dimana ia terdiri dari garam kalium yang mengandung methylene chloride, Acesulfame K yang dapat kita temukan dalam makanan permen karet bebas gula, minuman beralkohol, dan lainnya. Jenis pemanis buatan ini juga sering digunakan dalam kombinasi jenis aspartam dan pemanis noncaloric lainnya.

    ACE K telah mengalami paling sedikit keterbukaan ilmiah meskipun paparan jangka panjang untuk metilen klorida, komponen kimia utama telah terbukti menyebabkan mual, masalah mood, mungkin beberapa jenis kanker, gangguan fungsi hati dan ginjal, masalah dengan penglihatan dan bahkan mungkin pada autisme. Selain menjadi bahan pemanis dalam makanan, ia juga menjadi semakin popoler sebagai “penambah rasa” ACE K sendiri memiliki panas yang stabil dan sering digunakan dalam makanan yang diproses serta dipanggang. Dalam tubuh manusia sendiri tidak dapat memecahnya, sehingga telah diyakini dapat memberikan pengaruh negatif pada metabolisme.

  4. Sakarin (Sweet ‘N Low) telah diyakini berkontribusi untuk photosensitivity, mual, gangguan pencernaan, takikardia dan beberapa jenis kanker. Pada 1970-an, sakarin dan pemanis berbasis sulfa lainnya diyakini mungkin menyebabkan kanker kandung kemih. (* Cara Alami Meningkatkan Sensitivitas Insulin Dalam Tubuh
  5. Xylitol (Erythritol, Maltitol, manitol, Sorbitol dan alkohol gula lain yang berakhir di -itol). Dimana ia adalah gula alkohol yang tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Yang mana ia juga menyebabkan reaksi alergi bagi mereka yang memiliki kepekaan untuk kambuh. Selain itu pada penderita gastrointestional, ia dapat memicu gejala kembung, gas, kram dan diare.

Demikian sedikit ulasan mengenal dampak bahaya dari beberapa jenis pemanis buatan bagi kesehatan, Simak Disini..

By Salep Luka Diabetes Ampuh

Ketahui Dampak Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan, Simak Disini..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s