Cara Alami Mengontrol Diabetes Dengan Jahe

Posted on

Cara Alami Mengontrol Diabetes Dengan Jahe,- Jahe memiliki sifat yang dapat membantu dalam mengontrol diabetes. Namun hal ini bukan berarti bagi seorang yang mengalami diabetes harus meninggalkan proses pengobatan yang biasa mereka lakukan. Sehingga jahe yang digunakan untuk diabetes harus secara moderat, yakni cukup dengan konsumsi 4 gram per hari dapat membantu anda dalam menurunkan kadar gula darah dan mengatur dalam produksi insulin.

Khasiat Keampuhan Cara Alami Mengontrol Diabetes Dengan Jahe

Cara Alami Mengontrol Diabetes Dengan Jahe

√ Kontrol glikemik, di mana sebuah studi telah menunjukan bahwa jahe dapat memperbaiki kontrol gula darah jangka panjang untuk orang dengan diabetes tipe 2. Sedangkan peneliti dari University of Sydney, Australia, menemukan bahwa ekstrak dari Buderim Ginger mengungkapkan komponen aktif utama rimpang jahe dapat meningkatkan pengambilan glukosa ke sel otot tanpa menggunakan insulin, sehingga sangat efekti dalam membantu pengelolaan kadar gula darah tinggi.

Efek jahe dalam menurunkan kadar gula darah juga dapat dilakukan dengan penghambatan fosforilasa heaptik yang dikenal sebagai enzim yang memecah glikogen (molekul penyimpangan glukosa) menjadi glukosa. Jika glikogen terpecah menjadi glukosa, maka kadar gula darah dalam tubuh juga akan mengalami peningkatan.

√ Meningkatkan toleransi glukosa, beberapa penelitian telah menemukan fitokimia yang di bawa oleh jahe memfasilitasi metabolisme glukosa dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

√ Sekresi insulin, di mana para periset melaporkan bahwa dua ekstrak jahe yang berbeda, spissum dan ekstrak berminyak, berinteraksi dengan reseptor serotonin untuk memancarkan efeknya pada sekresi insulin. Selain itu, sebuah studi juga melaporkan bahwa suplemen jahe dapat mengurangi tingkat resistensi insulin sebesar 10,5% serta ekstrak jahe dapat meningkatkan kadar sekresi insulin dengan berinteraksi dengan reseptor serotonin. Serotonin adalah neurotransmiter di otak yang berperan penting dalam mempromosikan sel pankreas untuk memproduksi insulin.

(* Baca Juga : Waspada Dampak Asupan Junk Food Berlebih

√ Kurangi profil lipid, di mana suplementasi jahe juga bisa menurunkan beberapa kadar jenis lemak seperti asam trigliserida, kolesterol dan LDL. Sehingga profil lipid yang baik dapat menurunkan berbagai risiko atau komplikasi dari penderita diabetes.

√ Turunkan stres oksidatif,  di mana stres oksidatif adalah istilah kondis yang mengacu pada tingkat ketidakseimbangan radikal bebas dengan kemampuan tubuh untuk menyingkirkan atau melawan sesuatu yang buruk dari tubuh. Stres oksidatif sendiri dapat memicu pada perkembangan komplikasi pada penderita diabetes. Jahe mengandung berbagai fitokomia yang bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan melindungi tubh dari serangan atau ancaman radikal bebas.

√ Tingkatkan kadar hemoglobin, dimana hemoglobin sangat berperan penting dalam transportasi oksigen dan nutrisi termasuk gula. Tingginya kadar hemoglobin memungkinkan untuk tubuh mengantarkan nutrisi yang lebih baik dan mencegaj dari kekurangan gula sebagai blok bangunan energi.

√ Memperbaiki fungsi hati, di mana penderita diabetes sangat rentan dalam memiliki risiko lebih besar untuk penyakit hati berlemak nonalkohol.  Penyakit hati berlemak adalah suatu kondisi di mana beberapa lemak berlebih menempel pada hati dan menganggu fungsi hati. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan masalah serius lainnya seperti sirosis. Sehingga sebuah studi telah menunjukan bahwa mengkonsumsi ekstrak jahe dapat menjaga kesehatan hati dan mengurangi risiko pengembangan fatty liver.

(* Kenali Perbedaan Luka Diabetes Basah dan Kering

√ Memperbaiki fungsi ginjal, di mana kadar gula darah tinggi bisa meningkatkan pada risiko syaraf, pembuluh darah dan kerusakan organ lainnya termasuk ginjal. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes membuat ginjal menjadi bekerja lebih keras yang bahkan menyebabkan kerusakan glomeroli sampai gagal ginjal.

√ Mengurangi peradangan, di mana diaebetes yang di alami oleh berbadan lebih memiliki sel lemak di tubuh yang dapat memicu pada produksi zat kimia yang akhirnya meningkatkan peradangan.

√ Mencegah dari ancaman katarak. Katarak merupakan sutu kondisi di mana lensa mata menjadi buram atau tidak jelas. Mata manusia mendapatkan energi gula dari aqueous humor dan pada penderita diabetes tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan kadar gula atau glukosa dalam aqueous humor. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan akumulasi gula berlebihan di dalam mata yang akhirnya menyebabkan katarak.

Jahe memang memiliki banyak manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan. Namun mengkonsumsi jahe dalam jumlah berlebih juga sangat tidak dianjurkan. Di mana mengkonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi sangat rendah sehingga bisa membuat tubuh lemas, pusing dan bahkan pingsan.

Itulah sediki ulasan mengenai ramuan tradisional jahe sebagai obat diabetes, semoga informasinya bermanfaat, selamat mencoba dan lekas sembuh..

Post By Salep Herbal Luka Diabetes

Cara Alami Mengontrol Diabetes Dengan Jahe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s