Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes)

Posted on Updated on

Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes),- insulin adalah hormon yang biasanya dikeluarkan oleh sel beta pankreas. Ketika pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mempertahankan kesehatan yang baik, insulin dapat disuntikan ke dalam tubuh melalui jarum, dihirup dengan inhaler atau diresapi dengan pompa.

Salah satu fungsi utama insulin adalah untuk menurunkan kadar glukosa darah dengan memungkinkan glukosa memasuki sel² tubuh, dimana ia digunakan untuk energi atau disimpan sebagai cadangan. Seseorang yang membutuhkan insulin sensitif hanya dalam jumlah yang relatif kecil dari insulin untuk menjaga kadar glukosa darah dalam batas normal serta untuk menjaga sel² tubuh yang disertakan dengan glukosa yang mereka butuhkan.

Resistensi insulin yang tidak normal telah dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan. Salah satunya menyebabkan hiperinsulinemia atau tingkat sirkulasi insulin yang tinggi yang mungkin secara langsung dapat merusak pembuluh darah yang juga dapat berhubungan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gagal jantung, obesitas, osteoporosis dan beberapa jenis kanker seperti usus besar, payudara, dan kanker prostat. Resistansi insulin yang tinggi telah dikaitkan terutama pada kondisi diabetes.

10 Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes)

 Home Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes)

  1. Tidur yang cukup, dimana sensitivitas insulin berkurang karena hormon stres kortisol meningkat. Hal ini menyebabkan kita menginginkan makanan tinggi karbohidrat, tetapi ketikan kita mengkonsumsinya kita seringkali merasa terjadi toleransi glukosa berkurang.
  2. Hindari makan larut malam, dimana insulin yang tinggi dapat menghambat tidur yang baik karena melatonin, hormon tidur hanya dirilis setelah insulin jatuh. Dampak jangka panjang sering makan dalam waktu  terlarut malam  dapat mendongkrak keseimbangan hormon.
  3. Mengelola asupan gula dengan baik, jika hal ini tidak dijaga sebaik-baiknya dapat meningkatkan atau merugikan sensitivitas insulin. Asupan gula merangsang pelepasan  insulin untuk mengatur kadar gula darah dan menyediakan bahan bakar untuk sel². Gula halus banyak menyebabkan peningkatan lebih parah karna tingkat tinggi dari pencernaan dan penyerapan. Setiap jumlah resistensi insulin yang dikombinasikan dengan asupan tinggi gula rafinasi yang akan mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius dari waktu ke waktu. Asupan gula olahan dapat ditemukan pada makanan olahan atau dalam bentuk kemasan.
  4. Palang kereta, dimana program latihan anda juga harus terdiri dari berbagai latihan dan tingkat intensitas untuk mendapatkan manfaat yang besar. Pelatihan lintas pada palang kereta sangat efektif untuk metabolisme yang sehat serta meningkatkan kinerja dalam tubuh. Ketahanan otot² dapat meningkatkan sensitivitas insulin mereka, tetapi hasilnya akan terbatas tergantung pada otot² yang digunakan dalam aktivitas mereka diberikan.
    Selain itu, program anda harus seimbang antara latihan aerobik dengan anaerobik. Latihan kekuatan memang menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan sensitivitas insulin jika dilakukan bersama dengan pelatihan aerobik (berjalan, berenang dan lainnya)
  5. Angkat berat dapat meningkatkan sensitvitas insulin melalui noninsulin uptake glukosa tergantung setelah sesi latihan kekuatan. Glikogen (bentuk glukosa disimpan) dapat diisi ulang pada otot tergantung pada insulin. Hal ini meningkatkan sensitivitas sel² dari waktu ke waktu.  Dengan pelatihan lintas saja dapat memberikan manfaat lebih  dari melakukan satu jenis latihan saja.
  6. Mengurangi peradangan kronis adalah salah satu komponen yang paling penting yang terkait dengan penyakit dan disfungsi. Peradangan sistemik menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti nyeri kronis, penyakit jantung, dan diabetes. Sensitivitas insulin dapat dipengaruhi oleh peradangan kronis. Sehingga anda harus mengambil langkah untuk mengurangi peradangan kronis melalui diet dan gaya hidup yang tepat.
  7. Makan makanan yang didasarkan pada makanan utuh dan tinggi asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Membatasi asupan asam lemak omega6 dan minyak nabatin juga mendukung kesehatan metabolisme tubuh. Faktor gaya hidup seperti manajemen tidur dan stres juga memberikan efek anti-inflamasi yang meningkatkan sensitivitas insulin Anda.
    Terdapat makanan tertentu yang telah diakui karena kemampuan mereka mampu membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Cuka, misalnya, ditunjukkan untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada individu yang memiliki diabetes tipe 2 setelah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Minum cuka sari apel membantu menurunkan kadar resistensi insulin mereka sekitar 34%.
  8. Makanan nabati adalah sumber lain dari nutrisi yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Makanan yang kaya warna dan memiliki rasa pahit mengandung kadar tinggi fitonutrien. Senyawa ini merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan. Makanan ini termasuk seperti blueberry, brokoli, ubi jalar ungu, dan lain-lain.
  9. Hindari makanan yang mengandung lemak trans dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut bahkan tanpa adanya kelebihan kalori, dan berkaitan dengan resistensi insulin. Lemak trans menyebabkan gangguan insulin mengikat reseptor insulin yang mengakibatkan sensitivitas insulin menurun.
  10. Latihan dengan berenang atau bersepeda. Dimana sebuah kelebihan beban, sel penuh energi merupakan sel tahan insulin. Setiap latihan yang membakar glikogen dan daun otot anda kosong dan menganga lebih tentu akan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baru² ini sebuah studi telah menemukan bahwa mendaki ketinggian pada 4.500 meter dapat meningkatkan toleransi glukosa dan sensitivitas insulin.  Berjalan-jalan sederhana dapat menjadi cara efektif dalam mengontrol kadar glukosa setelah makan serta memberikan efek apada sensitivitas insulin.


Itulah sedikit ulasan mengenai Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes), semoga informasinya bermanfaat..

Salam Sehat, By Salep Herbal Luka Diabetes Ampuh

Efektif Cara Meningkatkan Sensitivitas Insulin (Mencegah Diabetes)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s