Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes

Posted on

Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes,- Gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol atau terlalu banyak menyebabkan terjadinya diabetes. Jika hal ini tidak dalam penanganan yang tepat dan cepat, maka semakin memudahkan kondisi atau masalah lain berkembang yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan atau bahkan mengancam jiwa.

Salah satu komplikasi yang paling umum dari diabetes adalah luka pada kaki yang sering dikenal dengan luka gangren. Hal ini sering didasari dari neuropati, trauma, kelainan, tekanan plantar tinggi dan penyakit arteri perifer. Penanganan yang tepat pada luka akibat diabetes dapat mencegah dari peningkatan risiko potensi amputasi.

Apa Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes ?

Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat DiabetesLuka akibat diabetes dapat dibedakan 2jenis yakni luka kering dan luka basah akibat diabetes. Luka kering akibat diabetes mungkin dapat sembuh cepat atau dengan sendirinya dibadingkan dengan luka basah akibat diabetes. Namun kedua jenis luka ini sebaiknya harus dalam perawatan yang benar, jika tidak pada jenis luka basah dapat berkembang akibat dari perawatan pada jenis luka kering yang kurang benar atau tidak tepat.

Luka kering adalah bentuk nekrosis coagulative yang berkembang di iskemik jaringan, di mana uplai darah yang tidak memadai untuk menjaga jaringan yang layak. Luka kering sering disebabkan oleh penyakit arteri perifer, tetapi juga dapat disebabkan oleh iskemia tungkai akut. Oksigen yang terbatas di tungkat iskemik membatasi pembusukan dan bakteri gagal untuk bertahan hidup.

( Baca Juga : Kontrol Gula Darah Dengan Bumbu Rempah Alami )

Diabetes mellitus adalah faktor risiko untuk penyakit pembuluh darah perifer. Luka basah akibat diabetes  sering ditandai oleh bakteri yang berkembang karena sepsis yang dihasilkan dari komunikasi bebas antara cairan yang terinfeksi dan cairan peredaran darah. Pada luka basah, jaringan yang terinfeksi menyebabkan pembusukan mikroorganisme seperti Clostridium perfringens atau fusiformis Bacillus, dimana hal ini akhirnya mengakibatkan jaringan membengkak dan memancarkan bau  busuk. Luka basah biasanya berkembang pesat karena penyumbatan vena atau aliran darah arteri. Produk beracun yang dibentuk oleh bakteri yang diserap mengakibatkan manifestasi sistemik sepsis dan akhirnya mati.

Luka kering biasanya berasal dari luka eksternal atau luar karena neuropati perifer seperti luka kulit,  luka bakar, benjol dan memar dimana hal ini sering tidak diketahui oleh penderita diabetes. Sedangkan luka basah yang dapat terjadi dari luka internal atau dalam seperti borok pada kulit, kuku tumbuh ke dalam atau yang lebih dikenal dengan kapalan yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan jaringan disekitarnya yang bahkan dapat meningkatkan pada risiko infeksi bakteri.

Ketika aliran darah terbatas jaringan mungkin terjadi pembusukan, sehingga lingkungan yang memungkinkan bakteri mudah berkembang terutama pada penderita luka akibat diabetes basah. Infeksi menjadi penyebab paling umum dari berkembangnya luka basah. Kondisi ini dapat ditandai dengan gejala pembengkakan, perubahan warna kulit yang biasanya merah menjadi coklat atau hitam, disertai dengan nanah yang keluar dari kulit yang lepuh dan demam.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa luka basah akibat diabetes memiliki peningkatan risiko lebih besar dibandingkan dengan luka kering. Namun sebaiknya, kedua jenis luka akibat diabetes sebaiknya dilakukan dalam penanganan yang tepat dan cepat, sehingga hal ini dapat mencegah masalah berkembang ke tahap yang lebih buruk.

Kami rekomendasikan alternatif pengobatan luka akibat diabetes secara Alami, Aman Bebas Efek Samping  Bebas Operasi cukup dengan konsumsi dan oleskanQnC JellY Gamat” produk herbal terbaru ASLI indonesia telah TERJAMIN dan TERPERCAYA dengan berlabel 100% HALAL serta terdaftar di DEPKES P-IRT No : 109321601291-1229.

Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes

QEP-SD : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.HP/Tlp

Kirim Ke 081.2211.88261

( Simak Testimoninya Disini >>> Obat Herbal Ampuh Luka Diabetes )


Itulah sedikit ulasan mengenai  Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes, Semoga informasinya bermanfaat, Salam Sehat..

Perbedaan Luka Kering dan Basah Akibat Diabetes

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s